Definisi K3 Kebakaran – Seperti yang kita ketahui, kebakaran merupakan suatu kejadian yang sangat berbahaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Kemungkinan terjadinya suatu kejadian yang mungkin mudah terjadi di lingkungan sekitar kita adalah kebakaran. Kebakaran merupakan kejadian yang bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu untuk menangani kebakaran maka dibutuhkan suatu prosesdur untuk menangani dan menggunaan bahan yang mudah terbakar secara baik dan benar.


Pengertian dari Kebakaran
Kebakaran adalah suatu reaksi oksidasi eksotermis yang berlangsung dengan cepat dari suatu bahan bakar yang disertai timbulnya api / penyalaan. Sedangkan Api adalah hasil dari suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari (tiga) 3 unsur, yaitu: Panas, udara dan bahan bakar yang menimbulkan atau menghasilkan panas dan cahaya.

Peraturan Tentang K3 Kebakaran

  • PERMEN No,26 Tahun 2008 – Proteksi kebakaran
  • Kepmen PU No. 10/KPTS/2000 – Ketentuan teknis pengamanan terhadap bahaya kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan.
  • PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM No. 20/PRT/M/2009
  • Kepmen PU No. 11/KPTS/2000 – Ketentuan Teknis Manajemen Penanggulangan Kebakaran di Perkotaan.
  • Permenaker No. Ins 11/M/BW.1997 – Pengawasan Khusus K3 Penanggulangan Kebakaran.
Teori Segitiga Api
Segitiga api adalah salah satu teori tentang terbentuknya api dengan penggambaran melalui skema yang berbentuk segitiga. Untuk berlangsungnya pembakaran diperlukan komponen keempat, yaitu rantai reaksi kimia. teori ini dikenal dengan piramida api atau Tetrahedron. Rantai reaksi kimia adalah peristiwa dimana ketiga elemen yang ada saling bereaksi secara kimiawi. Sehingga yang dihasilkan bukan hanya pijar namun berupa nyala api atau peristiwa pembakaran. Untuk mengetahui gambar dari teori segitiga api bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
 
Teori Segitiga api
 
Untuk mempertahankan api supaya api bisa bertahan lama pada saat menyala maka dibutuhkan sebuah teori Tetrahedron. Teori ini merupakan penjelasan mengenai api bisa bertahan dengan lama. Untuk lebih jelas mengenai teori tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
 
Tetrahedron

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Hubungi Kami

Klik nama untuk chat WA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *