K3 Mekanik, Pesawat Uap, Bejana Tekan ( K3 MPUBT )

Ahli K3 Bejana Tekan | Ahli K3 Pesawat Uap Sertifikasi Kemnaker RI – Berbagai proses industri barang dan jasa maupun untuk fasilitas umum dan bahkan di rumah tangga telah banyak memanfaatkan bejana tekan. Namun demikian kecelakaan atau peledakan dapat terjadi karena bejana tekan merupakan peralatan teknik yang mengandung resiko bahaya tinggi. Perusahaan semakin waspada akan bahaya yang mungkin ditimbulkan dari kecelakaan kerja Pesawat uap bejana tekan (PUBT) dengan tingginya risiko kecelakaan kerja dibidang Pesawat Uap Bejana Tekan (PUBT).

Penting untuk melakukan prosedur pengoperasian PUBT sesuai dengan standar yang berlaku guna menghindari agar tidak terjadi kecelakaan atau peledakan. Sebelum dalam periode pemakaian, setiap bejana tekan dan alat pengaman/perlengkapannya harus dilakukan pemeriksaan, pengujian, serta dirawat dengan baik dan teratur. Adanya tenaga kerja yang telah memiliki sertifikat ahli K3 PUBT juga merupakan faktor penting dalam menunjang pencegahan kecelakaan kerja PUBT yang mungkin terjadi. Karena dapat meminimalisir faktor – faktor yang dapat menjadi sumber kecelakaan kerja, terutama human error dalam pengoperasian PUBT.

Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dikeluarkan suatu petunjuk teknis pelaksanaan pemeriksaan dan pengujian serta penerbitan pengesahan pemakaian agar terwujud keseragaman dan penanganan bejana tekan sehingga bejana tekanan dapat dioperasikan dengan aman dan efisien. Ferdi Training Center dan Asosiasi Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) yang ditunjuk oleh KEMNAKER RI melihat hal tersebut menjadi sebuah kebutuhan penting di perusahaan. Kami memiliki kewenangan dalam menyelenggarakan Training Ahli K3 Bejana Tekan | Ahli K3 Pesawat Uap Sertifikasi Kemnaker RI. Kami bekerja sama dengan tim yang ahli di bidangnya untuk memenuhi standar perusahaan akan pemenuhan kebutuhan Ahli K3 untuk menunjang Keselamatan & Kesehatan Kerja di perusahaan.

 

Dasar Hukum 

  • Undang-undang dan peraturan uap tahun 1930
  • Undang-undang No. 01 tahun 1970
  • Permenaker No.02 Tahun 1982
  • Permenaker No.01 Tahun 1988
  • Peraturan menteri ketenagakerjaan No.37 Tahun 2016

Tujuan 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam teknik pengoperasian pesawat uap secara aman, benar dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) yang berlaku.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Hubungi Kami

Klik nama untuk chat WA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *